Pengalaman Belanja di Lazada

Jadi ini pertama kalinya Saya belanja di Lazada. Beli HP Infinix Android One. Alasannya kenapa beli HP ini Lazada adalah karena Lazada partner resmi Infinix dan Saya pikir gak mungkin lah Lazada jual barang abal-abal, orang sudah punya nama besar seperti itu. Infinix sendiri meskipun Merk baru tapi smartphone ini diproduksi di bawah lisensi Google. Terlihat dari embel-embel Android One yang disematkan di belakang nama Infinix, jadi ya Saya gak terlalu ragu dengan kualitas barang tersebut, toh teman Saya punya smartphone ini sudah beberapa bulan dan performa smartphone ini lancar-lancar saja. Dan akhirnya saya memutuskan membeli smartphone ini di Lazada tanggal 5 April 2016 tapiiii…

Kronologinya seperti ini

5 April 2016

Jam 4 sore, saya memesan HP ini dengan metode pembayaran COD (Cash on Delivery). Kenapa? Karena saya khawatir aja belanja online di atas satu juta terus ditransfer gitu aja. Kan serem ya kalau ada apa-apa. Fyi, saya beli barang ini dengan harga Rp. 1.150.000

Jam 8 Malam dapat email notifikasi kalu barang sedang diproses dan diverifikasi.

Jam 11 malam dapat email lagi barang sedang dalam perjalanan untuk dikirim ke kota pemesan.

6 April 2016

Sekitar dzuhur dapat Sms dari kurir Lazada Express (Lex) bahwa barang akan segera diantarkan hari itu, dan bertanya apakah saya ada di tempat. Satu jam kemudian kurir datang, tanda tangan invoice dan serah terima barang, ciye. Packagingnya, ya standar aja, dus HP ditambah dus Lazada udah gitu doang gak ditambah pengaman apa-apa.

Siang sampai malam saya Cuma mainin gitu aja, Cuma lihat-lihat aplikasi, dll. Belum saya tambah atau hapus aplikasi apapun toh saya gak punya kuota.

7 April 2016

Saya pakai HP normal Cuma buat sms sama WA sesekali. Jam 7 malam ketika sHP di-charge taraaa layarnya langsung kedap-kedip, blur buram, goyang-goyang (kayak televisi yang sinyal antenanya jelek). Saya restart, matikan, restart lagi, matikan lagi dan layar tetap seperti itu. Saya diamkan semalaman, Shubuh saya cek HP masih gitu, saya pikir emang harus buru-buru dibalikin ni HP.

8 April 2016

Jam 8 pagi Saya Email CS lazada (support@lazada.co.id) menjelaskan kronologi kejadian. Kemudian jam 9 pagi saya livechat dengan CS Lazada yang tersedia di website Lazada, mejelaskan lagi kronologi kejadian. Kenapa laporan double gitu? Saya takut gak ada yang ngerespon salah satunya. Baca-baca review CS lazada itu emang rada slow respon hehe. Tapi Alhamdulillah di kasus Saya pada fast respons. Setelah chit-chat prosedur retur & refund dan mengisi formulir retur barang. Di Formulir ada pilihan mau diganti barang baru, store kredit atau dikembalikan dana. Saya pilih refund (Kembali dana), karena setelah kejadian gini saya agak kapok juga belanja di Lazada😀. Siang itu juga Saya kembalikan barang ke Warehouse Lazada lewat JNE pakai pelayanan reguler.

Jam 12 malam pas di-track barang saya sudah sampai di Jakarta.

9 April 2016

Saya was-was bolak-balik buka website JNE, takut barang gak sampai, salahnya saya kirim barang di atas satu jutaan gak pakai asuransi. Alamak rugi bandar kalau sampai barang hilang. Sampai malam belum ada update terbaru, barang saya masih ada di gudang JNE Jakarta.

10 April 2016

Saya masih was-was karena status barang saya masih belum terkirim. Saya masih berpikir positif mungkin karena Sabtu-Minggu untuk layanan reguler memang tidak ada pengiriman.

11 April 2016

Pagi, saya cek website JNE, dan ternyata barang saya sudah diterima di warehouse Lazada sejak Sabtu siang. Mungkin kemarin-kemarin staff IT JNE libur makanya gak update.

Siang  saya dapat konfirmasi dari Lazada bahwa barang saya sudah diterima, sudah dicek dan proses pengembalian dana akan segera diproses.

Nah pas hari ini, saya cerewet banget sama CS lazada, nge-email, livechat, nulis di website support.lazada.co.id menanyakan status refund dana saya. Kenapa cerewet? Karena pas saya baca review, banyak yang dananya baru direfund setelah satu bulan, kan apa banget Lazada nyuruh Saya nabung satu bulan.

12 April 2016

Dapat email notifikasi bahwa dana saya dalam proses refund oleh pihak Lazada dan akan segera dikirimkan ke rekening saya.

13 April 2016

Sengaja banget tuh pagi-pagi ke atm buat cek transferan doang, dan Alhamdulillah uang saya kembali, uang barang ditambah uang ongkos JNE yang saya pakai buat retur. Alhamdulillah.

Dari sekian banyak pengalaman retur & refund Lazada mungkin saya lumayan beruntung dari awal memesan barang tanggal 5 sampai dana saya di-refund tanggal 13, menurut saya hal ini relatif cepat. Tipsnya kayaknya cerewet aja sama CS. Ada 3 alternatif untuk kita bawel sama CS hehe…

Bisa Email ke support@lazada.co.id, bisa livechat di website Lazada atau bisa juga di website support.lazada.co.id. Saran saya mending pakai email karena penjelasan lebih panjang lebar, lebih enak lagi ke support websitenya langsung. Karena setiap kali kita kirim email kita dibalas dengan CS yang beda dan harus menjelaskan kronologi dari awal, di livechat juga gitu, enaknya di website support kalau kita ada keluhan kita langsung diberi nomor tiket gitu, dan kita hanya dilayani satu CS meskipun nge-emai beberapa kali di hari yang lain.

resi 2resi 1

Setelah ini mau belanja di Lazada lagi gak? Kayaknya enggak dulu, hehe.

2 thoughts on “Pengalaman Belanja di Lazada

  1. iya, di lazada juga banyak barang abal-abal, berapa hari kemaren aku pesen headset di situ, harganya 88rb
    eh begitu barang sampek, liat barangnya aja aku udah tau kalo itu abal-abal
    akhirnya langsung ngajuin pengembalian

    barusan ini dapet sms kalo pengembalian dananya udah beres, tapi aku belom ke atm buat cek rekening

    btw kemaren ya coba pesen lagi headsetnya di supplier yang beda, emang lebih mahal, 300rb, bismillah aja barangnya asli, masih nunggu jumat besok

    bedanya cuma metode pembayarannya aku ini pake cod, sementara yang 88rb itu pake transfer…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s