Kupu-kupu Ungu


ada rasa yang tak bisa diterjemahkan

Salah satu twit saya malam ini, dua orang menanggapi twit ini dengan perkataan yang sama “Cari aja dalam kamus…”.

Andai ada kamus penerjemah rasa ya, pasti hidup akan bebas seperti kupu-kupu ungu. Ah, iya saya belum cerita apa itu kupu-kupu ungu.  Psikologi itu mempunyai lambang seperti trisula, seperti ini lambang Psikologi Ψ. Lambang Psikologi ini diambil dari bahasa Yunani, lambang Ψ merupakan salah satu alfabet Yunani dalam bahasa latin biasa dibaca Psi (Psyche: Jiwa). Dalam mitologi Yunani lambang Ψ digambarkan sebagai kupu-kupu perlambang  jiwa yang bebas terbang setelah menerpa diri. Selain lambang Ψ, Psikologi juga terkenal dengan warna ungu. Ungu itu bijaksana katanya, jadi ya keterlaluan saja, orang yang belajar Psikologi lalu tidak bijaksana.

Jangan heran jika semua atribut logo dan simbol-simbol yang digunakan di Psikologi tidak terlepas dari unsur kupu-kupu dan ungu. Kupu-kupu ungu perlambang manusia bebas yang bijaksana. Hubungannya dengan Psikologi? Ah, mungkin filosofinya  manusia harusnya bisa belajar bijaksana setelah dirinya ditempa Psikologi.

Jika kupu-kupu ungu dilambangkan sebagai sesuatu yang bijaksana harusnya tidak ada rasa yang tak bisa diterjemahkan oleh seseorang yang bijaksana. Bijaksana hatinya, bijaksana logikanya. Dan harusnya manusia seperti kupu-kupu ungu…

Purple Butterfly on Hand

 

Satu pemikiran pada “Kupu-kupu Ungu

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.