Kajian Pra Nikah: Jika Cinta, Segerakan atau Relakan (Ust. Hanan Attaki)


Ini ringkasan kajian ke dua. Nanti videonya Saya simpan di bawah, ya.

Ternyata metode ceramahnya ust. Hanan banyak menceritakan kisah-kisah ya. Ntah kisah sahabat, kisah masa lalu, atau kisah pribadi atau teman dan keluarganya. Terus pas ditarik sarinya yang tinggal segini. kalau mau lebih lengkap sekalian dengerin kisah-kisah banyak hikmah, sila nonton videonya saja. Sebenarnya materinya gak nyambung sama judul, tapi ya orang Ust. Hanan ceramahnya begitu.

  1. Pasangan itu adalah takdir Allah

Seberapa sering kita menghadiri pernikahan? Sebulan sekali? Seminggu sekali?

Pernah menghadiri pengadilan perceraian? Belum pernah?

Itu membuktikan rahmat Allah lebih luas. Lebih banyak yang menikah daripada yang cerai.

يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالا كثيرا ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيبا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (Qs: Annisa:1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa manusia itu ditakdirkan berpasangan. Bahkan yang meninggal di Syurga akan mendapat pasangan di syurga, kan gak ada jomblo di Syurga mah. InsyaAllah. Kecuali yang meninggal belum baligh.

Jodoh kita kan sudah ditulis sudah ditulis di lauhul mahfudz, jadi gak usah ditulis di buku harian segala 😀

Kalau kita yakin dengan ini, kita ikhtiarnya gak bakal  break the line, kalem aja. Gak usah khawatir.

Kalau kita suka. Pengen dan ngebet sama orang, eh ternyata orang itu nikah sama orang lain. Ya berarti yang ditulis di lauhul mahfudz bukan dia. Atau, jodoh dia ada dua, bisa nikah sama orang lain sekarang, suatu hari nikahnya sama kamu. Hehe. Memang banyak kejadian seperti itu.

   

” Ada cerita kisa nyata.  Laki-laki dan perempuan istilahnya pacaran lah, bertahun-tahun. Kemudian putus. Nah si perempuannya nikah sama orang lain. Setahun kemudian si mantannya ini mimpi, menggendong anak dari mantan pacarnya itu. Seminggu setelah mimpi itu ternyata dia mendapat kabar kalau suami mantannya meninggal dunia. Terus tahu gak apa yang terjadi? Setelah masa iddah laki-laki ini diminta untuk menikahi mantannya yang baru punya anak ini. Persis seperti di mimpi”

Gimana pun kita berusaha, kalau bukan takdirnya. Ya tetap bukan takdirnya. Jadi bukan salah temen kita yang nyalip duluan, tidak perlu ada orang yang kita salahkan, tidak ada yang perlu dijadikan kambinghitam, tidak ada yang perlu kita keluhkan.

Terus buat apa dong setahun, dua tahun kita habiskan untuk mengikhtiari seseorang? Di situ kita belajar kebesaran Allah.

2. Menikah itu ibadah. Tidak mengandung resiko kerugian 0.1% pun.

وأنكحوا الأيامى منكم والصالحين من عبادكم وإمائكم إن يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله والله واسع عليم

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

(Qs: An-Nur 32)

Menikah itu adalah ibadah. Gak ada yang gara-gara ibadah kita celaka atau rugi. Satu-satunya perbuatan manusia yang tidak ada kerugian 0.1% pun ya Cuma ibadah kepada Allah, tidak mengandung resiko.

Jadi apa yang perlu kita khawatirkan sebelum menikah? Ketaatan itu balasannya kebaikan.

Allah suka yang menyegerakan kebaikan.

3. Menikah itu ada jaminan dari Allah

(Lihat Qs:An-nur:32)

Jika engkau merasa faqir  maka akan Allah cukupkan (Faqir menurut ust. Hanan dalam kajian fiqih, hari ini maupun besok gak tahu mau makan apa. Beda dengan miskin yang sekarang bisa makan tapi besok gak tahu makan apa)

“Menikahlah dalam keadan faqir, maka Allah akan mencukupkan kalian” – Hadits

Coba lihat di Ath-thalaaq

ويرزقه من حيث لا يحتسب ومن يتوكل على الله فهو حسبه إن الله بالغ أمره قد جعل الله لكل شيء قدرا

واللائي يئسن من المحيض من نسائكم إن ارتبتم فعدتهن ثلاثة أشهر واللائي لم يحضن وأولات الأحمال أجلهن أن يضعن حملهن ومن يتق الله يجعل له من أمره يسرا

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) di antara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya) maka iddah mereka adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (Qs: Ath-Thalaaq:3-4)

(Selebihnya Ust. Hanan cerita tentang pengalaman pribadinya menikah di usia 22. Yang usia 25 belum nikah silakan kaget :))

Tambahan:

  • Ikhtiar perempuan dan laki-laki beda.

Gimana dong cara ikhtiar perempuan? Keep the faith. Yakin dong sama Allah. Minta ke Allah.Banyak istighfar, sholawat, dzikir, biar tambah didekatkan.

  • Ngirim CV langsung ke target tanpa perantara boleh gak?

Ya boleh. Pada awalnya, kalau bisa ketika proses tersebut ajak ustadz siapa kek gitu.

  • Beda madzhab, mending gak jadi nikah atau bagaimana?

Jika perbedaannya masalah furu’, harus ada toleransi. Jangan sampai menghalangi pernikahan. Memang diperlukan kebijaksanaan dan kedewasaan.

 

3 pemikiran pada “Kajian Pra Nikah: Jika Cinta, Segerakan atau Relakan (Ust. Hanan Attaki)

  1. Ping balik: Jika Cinta, Segerakan atau Relakan – Ust. Hanan Attaki – Lunaedufuncation

  2. assalamualaikum.. saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. di kampung buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan online tdk laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nur (andir ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin. . dia memuja cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lwt surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. alloh spt enteng memberi siksaan kpd saya tp alloh spt berat atau enggan melepaskan saya dari siksaan ini. mungkin krna saya cucu paranormal sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah saya msh agak tegar tp saya ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. saya skrng males nyari cewe dan nyari kerja krna trauma. selain itu hati saya dipenuhi kemarahan, kebencian dan dendam.. solusinya?

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.