Mencari Jurnal Internasional Gratis Lewat DOI

Ceritanya, mencari jurnal biar kelihatan mahasiswa yang lagi ngerjain skripsinya, haha.

Terakhir edan-edanan cari jurnal pas kuliah Statistika 2, dosen memberikan tugas mencari jurnal Statistika, bahasa Inggris. Bayangin gais, Statistika, udah gitu pakai bahasa Inggris –_-, Saya belajar statistika pakai bahasa Indonesia aja harus ngulang dua kali. Nah, setelah itu, saya jarang mencari jurnal. Kecuali kalau lagi cari tahu sesuatu aja. Pas Metodologi Penelitian 3, mulai tuh cari-cari jurnal lagi. Dulu, paling saya cuma mengandalkan e-resources Perpusnas, itupun cuma ada beberapa yang bisa di-download selanjutnya cuma bisa download abstrak-abstraknya aja. Kata temen saya sih, di Perpusnas bisa download semuanya yang kita pengen, gak tahu deh kenapa saya kalau mau download cuma dapat abstraknya aja. Saya yang gaptek kali.

Selanjutnya, saya juga mengandalkan Google Scholar, itupun cuma ada beberapa yang bisa langsung download berbentuk pdf, kebanyakan jurnal yang saya mau adalah jurnal berbayar. Kenap jurnal internasional bukan jurnal Indonesia aja? Karena jurnal Internasional lebih beragam, penelitiannya lebih kekinian, lebih menarik aja sih, meskipun gak ngerti, he.

Ada juga nih, sumber jurnal yang baru saya dapat di situs all about Psychology, di sana ada sekitar lima alamat website jurnal internasional, dari mulai Psikologi Perkembangan, Pendidikan, Neurologi sampai Psikologi Forensik. Feel free to click aja kalau mau cari jurnal di sana, gratis.

Saya juga coba-coba buka Portal Garuda, ini pertama kali saya buka portal ini, saya kira portal ini cuma situs abal-abal yang suka jualan jurnal, hha. Eh ternyata ini portal resmi dari dikti. Isinya karya ilmiah anak bangsa, wajib dikunjungi bagi mahasiswa yang mau cari referensi penelitian di Indonesia.

Sudah cari sana-sini, gak ketemu jurnal inti yang saya mau. ceritanya penelitian saya tentang orientsi masa depan. Lihat di referensi jurnal dan skripsi orang lain semua sumbernya sama yaitu jurnalnya Nurmi. Btw, saya nyangkanya dia orang Indonesia, eh ternyata dia dosen di Finlandia nama lengkapnya jari-Erik Nurmi (Nurmi J.E). Mencari di Perpusnas cuma dapat abstraknya aja. Cari di Google Scholar cuma dapat free online reading aja, gak bisa di-download. Lumayan susah juga cari jurnal Nurmi ini, bukan lumayan sih, tapi emang susah. Ada sih, tapi ya harus bayar.

Coba mengetik nama Nurmi J.E di google, ketemulah profil Nurmi di Google Citations. Nah, ini juga baru saya tahu, ternyata produk google scholar itu gak cuma buat cari jurnal dan atau referensi ilmiah lainnya saja. Tapi juga bisa mencari penulis dari karya ilmiah tersebut berikut karya-karya yang lainnya. Caranya jika biasanya kita cuma mengetik judul jurnal, coba deh sekali-kali ketik penulis jurnalnya. Nanti kalau profilnya tersedia, bakal keluar profilnya, tinggal klik.

a

Nh, seperti di bawah ini, profil Nurmi J.E yang ada di Google Citations. Terdapat tempat dimana dia mengajar, keahlian spesifik, juga karya ilmiah yang sudah dia tulis. Lengkap kan? Iyaa lengkap banget.

b

Kalau di scroll ke bawah banyakkk banget jurnal yang sudah di-publish, akhirnya saya nemu jurnal yang saya mau, yang ini, yang pakai kotak warna pink itu, Sudah lama sih, terbit tahun 1992. Tapi ya gimana orang lain yang ngebahas orientasi masa depan juga pakai jurnal ini. Terus saya klik.

c

Sesudah diklik muncul tampilan seperti ini

d

Nh, kalau di scroll ke bawah ada nanti “scholar article” terus judul jurnalnya, nah tinggal diklik judul jurnalnya tersebut. Nanti langsung diarahkan ke halaman website penerbit jurnalnya. Kebetulan untuk jurnal yang Saya mau ini penerbitnya Sage. Tahu lah ya, kalau Sage itu harus berbayar. Nah saya coba klik full text (Yang kotak warna pink), eh mengharuskan saya untuk login dan bayar dahulu. Tapi google diciptakan untuk mahasiswa yang gak punya uang, tapi pengen dapet jurnal keren. Haha. Setelah browsing sana browsing sini, ketemulah caranya. Rahasianya adalah kita tinggal menemukan DOI (Digital object identifier) dari jurnal tersebut, DOI itu kalau buku mah kayak ISBN gitu. Lewat DOI juga bisa deteksi plagiarisme. Pokoknya DOI itu kayak KTP-nya karya ilmiah. Selengkapnya tentang DOI bisa dibaca di sini. Sebenarnya cara ini sudah kuno banget tapi sayanya ajaa yang baru tahu, hehe. Cara lain untuk menemukan DOI bisa ditonton di website APA

f

Nah di gambar atas DOI jurnalnya adalah nomor yang saya tandai pakai kotak hijau. DOI ini tinggal kita copy. Selanjutnya ketik alamat gen.lib.rus.ec . Nanti keluar halaman seperti ini, tinggal paste DOI jurnal, klik Search. Nah nanti tinggal klik salah satu link yang say kasih tanda warna biru, yang mana aja bebas.

g

Nah sudah diklik muncul halaman seperti ini, tinggal ketik kodenya, dan klik tombol dengan tulisan aneh itu, he

h

Dan taraaa jurnalnya terdownload otomatis

i

Nah, jadi tips selanjutnya jika mau cari jurnal internasional

1. carilah versi PDF, ini paling gampang soalnya tinggal di-save aja, gak perlu ribet.

2. Kalau gak ketemu versi PDF atau ketemu tapi kamu harus bayar, carilah nama penulisnya atau carilah judul jurnalnya dan temukan DOI-nya.

3. Lewat Perpusnas juga bisa dicari dulu jurnalnya, ada beberapa jurnal yang meskipun diklik ‘Full-text’ tetap tidak bisa di-download dalam bentuk pdf. Biasany akan diarahkan ke halaman yang berisi data jurnal tersebut, nanti akan ada DOI jurnalnya. Tinggal dicopy-paste aja.

Di catatan kaki Wikipedia biasanya ada sumber referensi ilmiah. Biasanya juga dicantumkan jurnal yang bisa langsung di-download versi pdf, atau jurnal berbayar yang hanya dicantumkan DOI-nya saja. Kayak gambar di bawah ini

k

Terakhir, bookmark alamat gen.lib.rus.ec, siapa tahu ntar butuh. Betul ya gais, alangkah malunya jadi mahasiswa jaman sekarang, yang apa-apa gak tahu, apa-apa gak bisa. Hidup udah dipermudah kayak gini.

UPDATE 14 Oktober 2015. Situs gen.lib.rus.ec/scimag sedikit sulit diakses lagi oleh saya. Tiba-tiba ‘Server not found’. Bagi yang memiliki masalah yang sama bisa mengetik alamat sci-hub.club caranya sama tinggal memasukan DOI-nya saja, semoga membantu🙂

11 thoughts on “Mencari Jurnal Internasional Gratis Lewat DOI

Tinggalkan Balasan

