Kenal Garut, Yuk!

Akhir-akhir ini Saya merasa promosi wisata di Garut dilakukan secara masif. Ntah itu tentang wisata alam atau tentang venue-venue milik swasta yang instagram-able, atau selfieable. Ya emang tempat wisata di Garut yang mana yang gak dikelola sama swasta? Ngaku deh tempat wisata yang lagi hits di Garut kebanyakan dikelola swasta *skip. Wisata di Garut emang gak ada habisnya dimulai dari Kadungora dengan Taman Wisata Cikembulan, Leles dengan Situ Cangkuang, Banyuresmi dengan Situ Bagendit, Tarogong dengan Cipanas hingga Pantai di Pameungpeuk dan Rancabuaya.

Promosi-promosi yang dilakukan beberapa pihak dilakukan dengan cara yang berbeda-beda ada yang menyajikan foto alam Garut yang yaaa kalau kata teman Saya “Yaelah Mi, hari gini gak cuma wajah, alam juga diedit”. Paket-paket tour wisata atau juga menginfokan sejarah Garut, ciye Garut bangkit binangkit. Garut emang keren sih, terlepas dari dua periode kemarin Bupatinya bermasalah melulu.*skip

Di bawah ini ada beberapa website yang sengaja sering saya baca. Kan lucu, kalau ada yang nanya wisata di Garut apa aja saya cuma bisa jawab Candi Cangkuang aja, yang emang lokasinya paling dekat sama rumah. Kontennya macam-macam sih, ada yang wisata aja ada yang emang berita seputar Garut.

 

Jelajah Garut

3

Ini lumayan sering saya baca. Isinya cuma lengkap. Yaaa memang fokus ke wisata, tapi kontennya bukan hanya tentang tempat wisata, tapi juga tentang kesenian di Garut, ciri khas setiap kecamatan di Garut, makanan-makanan khas Garut. Website ini juga beberapa kali menerbitkan e-magazine yang isinya emang lumayan Garut banget. Bagi yang mau wisata ke Garut website ini juga menyediakan jasa tour-guide, emang awalnya website ini diperuntukan untuk promosi jasa mereka juga sih. Tapi emang lagi ngetren ya sekarang, yang punya jasa-jasa di bidang tertentu, promo di media daring. Cara promonya gak cuma bilang “Kita punya jasa nih, bisa paket ini, paket itu” tapi juga dengan memberikan informasi yang lengkap tentang  bidanng yang mereka geluti. Untuk promosi wisata Garut menurut saya sih Jelajah Garut emang lebih lengkap dibanding website promosi wisata Garut yang lain. Websitenya juga emang paling enak dipandang sih. Hehe

Naratas Garoet

2

Ini blog yang baru beberapa minggu ke belakang sering Saya baca. Isinya keren kakak. Gak kepikiran aja materi sejarah selengkap itu dapat darimana. Konten blog ini emang fokus pada sejarah Garut, dari mulai tokoh-tokoh, sampai peristiwa-peristiwa jaman dahulu kala yang ada di Garut. Ada artikel tentang kedatangan Charlie Chaplin, kedatangan mobil pertama ke Pameungpeuk, dlsb. Pokoknya asik, bahasanya emang formal sih, tapi gak kaku banget kok. Lumayan biar tahu Garut dulu gimana. Moga blog ini eksis ya, haha. Tahu kok gimana susahnya cari konten untuk blog semacam ini, apalagi sejarah.

 

Gosip Garut

1

Awalnya Saya kira website ini, website abal-abal yang punya konten ntah darimana sumbernya. Tapi website ini tetap eksis dari mulai saya tahu website ini dua tahun lalu sampai hari ini. Ya berarti website ini emang dikelola secara profesional. Judulnya sih Gosip Garut, bikin gimana yang baca aja:\. Isinya, berita seputar Garut. Kalau ingin tahu berita Garut terkini website ini cukup rekomended, tapi jangan asal lihat judul aja, karena di website ini judul bisa menipu. Ya gitu, kaya strategi marketing media-media online gitu. Judulnya apa, isinya apa. Jauh panggang dari api.

INFO GARUT

4

 

Info Garut sudah ada di Twitter sejak 2010 (@infogarut), twitnya seperti twit info kota lainnya, situasi jalan, cuaca, info kecelakaan, info bencana alam di Garut, event-event, dll. Nah, tahun sekarang Info Garut meluncurkan website yang belum ada konten apa-apa sih, tapi pas ditengok tampilan websitenya emang cukup bagus. Kayaknya emang didesain oleh profesional. Secara keseluruhan sih, kalau dilihat dari submenu yang ada dan masih kosong itu, website ini bakal cukup banyak menyajikan info yang berguna dan menarik … itu juga kalau dikelola dengan baik.

 

Banyak sih website-website di tentang Garut, yang berkeliaran. Tapi memang ya gitu. Dibuat, sempat eksis, lalu hilang ditelan malas buat konten. Ada website yang cukup eksis seperti website Pemda Garut atau Garut News, tapi ya gitu, tampilannya aduh ya. Jadi IMHO, website di atas cukup mewakili untuk referensi wisata Garut juga untuk mengenal Garut lebih banyak.  Ada yang punya website atau blog rekomendasi lain?

One thought on “Kenal Garut, Yuk!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s