#NulisSkripsi : Menentukan Tema dan Judul, Mencari Teori

Tiba-tiba pengen nulis ini. Tema skripsi saya😀.
Jadi ceritanya, setelah bolak-balik mencari tema akhirnya diberi insight sama pembimbing. Kira-kira percakapannya gini

P : Jadi tentang apa?
S : Orientasi masa depan, pak
P : Jadinya?
S Iya pak, faktor-faktor yang memengaruhi OMD
P Jangan faktor-faktor. Nanti kamu kesulitan. Nanti datanya harus banyak, ngambil datanya lama. Analisis datanya susah jadinya kan nanti faktorial.
S Jadinya gimana pak?
P Faktor OMD apa saja?
S banyak pak, ada jenis kelamin, budaya, Pola asuh, pendidikan blablabla
P Oke, sekarang tentukan satu aja faktornya. Biar gampang. Kira-kira faktor yang mana yang akan kamu teliti
S Faktor pola asuh pak
P Kenapa?
S Soalnya saya baca jurnal blablabla (Ceritain jurnal-jurnal yang dibaca)
P Yaudah itu aja.

Akhirnya setelah tema disetujui, naik seminar proposal dan taraaaa SK Skripsi keluar. Intinya skripsi saya seputar pola Asuh orang tua dan orientasi masa depan. Btw, selama proses menulis proposal saya mengumpulkan puluhan jurnal yang berhubungan dengan pola asuh dan orientasi masa depan.

Btw, sumber-sumber yang saya cari merupakan sumber-sumber inti. Makanya jurnal-jurnal yang saya temukan adalah jurnal tahun 70’an – 90’an adapun jurnal penelitian tahun 2000’an tetap saja mengacu pada penelitian terdahulu. Kenapa jurnal? Da gak punya buku😀. alasan pertama, tidak ada buku yang membahas secara ilmiah tentang orientasi masa depan (OMD), istilah OMD pertama kali muncul dalam jurnal Trommsdorff tahun 1983, kemudian Nurmi JE melakuan penelitian ilmiah ttentang OMD tahun 1989. Nah dua jurnal penelitian inilah yang selalu jadi acuan semua penelitian tentang OMD di seluruh dunia. Saya traktir kamu Es krim kalau kamu menemukan jurnal atau penelitian tentang OMD yang tidak menyebut nama Trommsdorff atau Nurmi. Bahkan pembimbing saya bilng gini “Kamu teh tentang OMD? Nurmi ya? Itu teorinya sudah tua, saya heran kenapa gak berkembang”. Referensi yang bagus memang penelitian yang diteliti sekitar 10 atau 15 tahun ke belakang. Tapi ya kalau gak ada lagi mah, wayahna. He. Alasan kedua kenapa jurnal? Jurnal itu lebih up to date dari buku. Kata seseorang sih gitu.

Pencarian referensi lainnya saya teruskan dengan mencari referensi pola asuh. Ini lebih wow lagi, Pola asuh pertama kali diteliti oleh Baumrind, lengkapnya Diana Baumrind ketika tahun 1966, kira-kira tahun segitu di Indonesia , Soe Hok Gie masih demo-demoan. Memang teorinya sudah tua banget tapi itu grand-nya grand teori tentang pola asuh. Bahkan skala ukur pola asuh yang berkembang saat ini masih menggunaan dimensi-dimensi pola asuh yang dikemukakan Baumrind. Apa teori in tidak berkembang? Teori tentang pola asuh lebih berkembang dibandingkan teori OMD, tapi karena di setiap penelitian kekinian nama Baumrind selalu dibawa-bawa, maka saya pun memutuskan untuk memakai teori Baumrind di skripsi saya. Kalau salah paling ntar suruh revisi total sama pembimbing😀. penelitian terkini tentang pola asuh yang banyak juga dijadika referensi yaitu penelitian Steinberg, meskipun ya ujung-ujungnya ada nama Baumrind juga sih.

Kenapa sih ujug-ujug ngomongin teori? Ini namanya sindrom mengerjakan skripsi bab 2 hehe.

Jadi untuk referensi :
Pola Asuh : Diana Baumrind, Laurence Steinberg
Orientasi Masa Depan : Jari Erik Nurmi, Gisela Trommsdorff
Referensi lain yang mungkin bermanfaat haha.

Di bawah ini jurnal-jurnal yang sudah saya kumpulkan bulan Oktober kemarin dan belum saya baca lagi😀

Di postingan selaanjutnya mungkin bakalan ngomongin teori ini satu per satu -disamping nulis bab 2-😀.

skripsi 2skripsi 3skripsi

Tinggalkan Balasan

