Berhubung 3 tahun ke belakang blog ini kebanjiran pengunjung yang mencari tentang hemiparesis. Apa itu hemiparesis? Sebabnya apa? Dan lain sebagainya, maka rasanya saya perlu berbagi beberapa situs, yang memang khusus membicarakan tentang hemiparesis.

Postingan saya sebelumnya tentang hemiparesis, mungkin tidak cukup memberikan informasi apa-apa. Dan memang postingan tersebut hanya racauan saya saja😀. Terimakasih kepada seluruh pembaca -yang nyasar- ke postingan tersebut, anyway.

Beberapa komen yang masuk kebanyakan berasal dari ibu yang mempunyai anak hemiparesis. Btw, jika ada yang belum tahu hemiparesis itu apa, hemiparesis adalah lemahnya satu sisi tubuh yang disebabkan oleh berbagai hal, bisa cerebral palsy, stroke dan penyebab lainnya. Kenapa anak-anak bisa terkena hemiparesis? Karena anak-anak juga bisa terserang stroke bahkan ketika masih ada dalam kandungan. Seperti yang telah saya ceritakan dulu, ketika saya menjalani fisioterapi saya bertemu anak yang juga sedang diterapi, dia terkena stroke ketika berumur 3 tahun.

Rasanya merasa bersalah juga banyak yang nanya ini dan itu tapi saya gak bisa jawab. Saya bukan dokter, neurologis ataupun terapis, btw. Oleh sebab itu rasanya perlu saya menuliskan beberapa alamat website untuk bahan referensi tentang hemiparesis. Semuanya website berbahasa Inggris. Kenapa? Karena di Indonesia belum ada organisasi ataupun komunitas yang fokus terhadap anak-anak dengan hemiparesis.

  1. Chasa.org. The Children’s Hemiplegia and Stroke Association (CHASA). CHASA  ini organisasi yang didirikan khusus untuk membantu anak-anak yang terkena stroke, hemiplegia ataupun hemiparesis. Di website ini ada berbagai treatment,jurnal-jurnal medis tentang hemiparesis, curhat-curhat orang tua yang mempunyai anak-anak hemiparesis, dll. Lumayan buat referensi dan merasa kita gak sendiri😀
  2. Hemihelp.org.uk. Nah, ini juga komunitas bagi orang-orang yang terkena hemiplegia/hemiparesis. Komunitas ini berpusat di Inggris. Jika CHASA hanya fokus pada anak-anak. Hemihelp fokus pada anak-anak dan remaja. Tapi di situs ini mereka mengistilahkan hemiparesis dengan mild hemiplegia. Btw, jika ada yang belum tahu, hemiparesis itu kelemahan sebelah sisi tubuh dari kepala, lengan sampai kaki. hemiplegia itu lumpuh total ya gais. Nah, kenapa situs ini mengistilahkan hemiparesis dengan mild hemiplegia? Mild itu kan lembut jadi mungkin artinya lumpuh yang gak parah-parah amat, ya hemiparesis aja istilah lainnya. Sama seperti CHASA situs ini berbicara tentang treatment, FAQ hemiplegia, daily activity yang bisa dilakukan orang dengan hemiplegia, dll. Wajib dikunjungi bagi orang tua atau yang punya saudara yang terkena hemiplegia.
  3. Half Strokes of Luck. Nah kalau yang ini blog pribadi yang ditulis seorang perempuan yang terkena stroke di usia 4 tahun. Isi blognya menyangkut semua tentang hemiparesis. Bagi yang mau tahu tentang hemiparesis dari sudut orang yang mengalaminya, blog ini wajib dikunjungi, biar berasa curhat sendiri.

Terlepas dari situs-situs di atas, orang tua harus rewel ya nanya-nanya ke dokter, atau neurologisnya atau terapisnya. Kebanyakan di Indonesia, jika anak sakit atau ada kelainan dokter langsung nyuruh untuk melakukan fisioterapi, kebanyakan yang nanya-nanya ke saya lewat komen atau email kebanyakan mereka disuruh dokter untuk menjalani fisioterapi dan tidak tahu anak mereka kenapa dan istilahnya apa. Makanya banyak yang komen “Oh anak saya stroke kali ya, oh anak saya hemiparesis”, kalau sudah gitu saya gak bisa ngomong apa-apa. Toh, saya juga gak tahu apa-apa. Dokter ahli syaraf saya juga dulu gak ngomong apa-apa, cuma bilang “Yaudah bu, anak ibu fisioterapi aja” tanpa ngomong “Ini tuh blblabla” Dih -_-.

Btw, kenapa hemiparesis harus di fisioterapi? Biar bisa menjalani hidup layaknya anak normal. Memang gak bisa sepenuhnya normal, tapi paling penting bisa hidup mandiri, jadi anak kostan, merantau, kayak saya😀. Terapi-terapi yang diberikan biar bagian tubuh yang lemahnya gak kaku dan bisa digunakan untuk aktifitas normal sehari-hari.

Sampai sekarang saya masih cari-cari website, blog atau jurnal dalam bahasa Indonesia yang berbicara tentang hemiparesis secara menyeluruh, tapi belum nemu. Khususnya hemiparesis yang terjadi pada anak-anak. Di Indonesia mindsetnya masih “Oh stroke, iya sih udah tua” Padahal ya gais, banyak kok anak-anak yang terkena stroke, orang tua aja yang gak tahu anaknya kenapa.

Diskusi-diskusi tentang anak yang terkena stroke pun di Indonesia rasanya masih jarang, dan sayang sekali banyak orang yang mencari topik sepenting ini malah nyasar ke tulisan abal-abal saya. Pengennya sih ya, ada orang yang ahli dalam hal ini dan menulis tentang ini. Dan sampai sekarang masih jarang. Hmm.

Mari Berdiskusi tentang Hemiparesis

Berhubung 3 tahun ke belakang blog ini kebanjiran pengunjung yang mencari tentang hemiparesis. Apa itu hemiparesis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s