Tentang Semester Pendek


keep-calm-and-semester-pendek

Sebelumnya pernah ngomongin SP di postingan ini, ntah kenapa minggu-minggu ini banyak banget kata kunci yang masuk berhubungan dengan SP. Emang sih SP aku udah selesai pas Ramadhan kemarin, tapi gak pa-apa lah ya kalau aku ngomongin ini lagi. Masih ada uneuk-uneuk sih.

Jadi ceritanya, tahun ini merupakan tahun ketiga saya ikut SP. SP pertama saya ngontrak Statistika, SP ke-2 saya ngontrak Hadits dan eksperimen I, SP kemarin saya ngontrak Pedologi, PIO, sama Psikologi Umum. Dua kali SP sebelumnya saya ngontrak mata kuliah yang gak lulus dan mata kulih yang belum diambil. Nah di SP ke-3 kemarin saya ngontrak mata kuliah yang dulunya dapat nilai C, yup, SP kemarin mah judulnya pendalaman kalau gak mau dibilang mahasiswa ngulang he..

Seperti yang pernah saya bilang, SP di fakultas saya baru diselenggarakan pas angkatan 2011. Kenapa? Karena fakultas menyadari kalau tidak ada SP angka kelulusan per periode wisuda rata-rata hanya 5 – 10 orang. Alhamdulillah tuh setelah ada SP angka kelulusan naik jadi 20-an orang per wisuda.

Jadi SP itu apa? Ok, di Fakultas Psikologi sendiri SP itu artinya semester pendek, tapi kalau gak salah tahun ini namanya jadi Semester perbaikan kalau gak salah, eh lupa deng. Kenapa disebut pendek? Karena kita memangkas waktu belajar. Di fakultas saya khususnya ketika semester normal ada 16 kali pertemuan/semester nah kalau di SP kita pangkas menjadi 12-14 pertemuan selama SP. Gak jauh beda dengan semester normal Cuma dipangkas 2-4 kali pertemuan aja.

Kalau ikut SP bisa lulus cepat?

Di Fakultas saya, SP itu diselenggarakan untuk memperbaiki nilai. BUKAN UNTUK program percepatan kelulusan. jadi ya meskipun tiap tahun ikut SP, bukan untuk mendahului mengontrak mata kuliah yang belum diambil mahasiswa lain. Tapi untuk mengambil kembali mata kuliah yang di semester terdahulu dapat nilai jelek. Di Fakultas saya mahasiswa yang diijinkan ikut SP, mahasiswa yang mempunyai nilai mksimal C untuk mata kuliah yang akan dikontrak di SP. Jadi, untuk lulus membutuhkan waktu normal 4 tahun.

Kapan SP dilaksanakan?

Di fakultas saya dIselenggarakan setiap liburan semester genap, antara pertengahan Juni – Pertengahan agustus.

Kenapa bisa Selesai dalam Waktu 2 Bulan?

Iyalah, selama SP kita belajar 2 kali seminggu, jadi yang biasanya Cuma belajar 2 sks seminggu, kita tambah jadi 4 Sks, atau yang asalnya 3 Sks per minggu nambah jadi 6 Sks per minggu. Kalau kalian nyangka SP itu Cuma buat dapat nilai, kalian salah. SP itu malah ripuh bingits -_-. Itu sih di fakultas saya ya, nanti saya ceritain SP di fakultas orang yang bikin ngakak :D. NIh saya kasih contoh jadwal SP saya kemarin, belajar 14 Sks per minggu.

Contoh Jadwal SP Psikologi UIN Bandung

Contoh Jadwal SP Psikologi UIN Bandung

Waktu SP tugasnya gimana?

Ya, tugasnya normal aja sih kayak kuliah biasa. Dibagi kelompok, buat makalah, presentasi, kuis, dll. Taapi kalau ketika kuliah normal kalian punya waktu untuk ‘bernafas’ maka ketika SP kalian gak akan bisa nafas. Misal nih hari Senin ada kuis, nah hari Rabu kalian harus Presentasi. Atau ketika kuliah 3 sks, satu sks pertama harus UTS lalu 2 Sks selanjutnya kalian harus presentasi, ini pengalaman saya pas SP kemarin. Jadi kalian tuh harus strong kalau ikut SP :D.

SP bisa ambil mata kuliah yang belum diambil gak?

Dulu sih bisa, sekarang enggak. Saya sudah semester 7 dan masih ada 2 mata kuliah wajib yang belum saya ambil. Gak keren gimana semester 7 masih kuliah wajib :D. Awalnya mau diambil pas SP biar semester 7 fokus proposal aja, ternyata oh ternyata pihak fakultas punya kebijakan lain, mata kuliah yang boleh diambil hanya mata kuliah yang sudah diambil dengan nilai maksimal C. Jadi kalau kalian nilainya B yaudah gak usah ngulang, da emang gak boleh. Kenapa ada kebijakan seperti ini? Psikologi kan full teori banget kan ya, iya sih belajar di semester normal aja, dosen kadang-kadang keteteran banyak teori yang belum tersampaikan apalagi ini mahasiswa yang belum ngambil matkul tersebut tiba-tiba nyoba belajar dalam waktu bulan, insyaAllah ilmu yang didapat sedikit he.. Ini pengalaman saya pas kuliah SP eksperimen dulu. Beda kalau ceritanya yang SP itu mahasiswa yang ngulang kalaupun materi yang dibahas itu singkat tapi kan udah tahu dasarnya.

SP itu kebanyakan senior ya?

Iya, kebanyakan semester 6 atau 8. Tapi saya saranin aja, SP cukup sampai semester 6 aja. Saya juga berharap ini SP terakhir kan tahu depan mau lulus :). Kenapa ketika semester 8 gak boleh ikut SP? Jadi begini di Universitas ini wisuda diadakan setiap Maret dan September. Jadi jika SP diadakan Juni – Juli maka nilai keluar paling bulan Agustus. Nah kalian kalau mau lulus September maka bulan Juli harus sudah ujian Komprehensif (Itu loh ujian yang ditanya-tanya ilmu apa aja yang kita dapet selama kuliah disini), nah syarat ujian komprehensif itu, semua nilai harus sudah keluar. Kalau kalian ikut SP otomatis masih ada nilai yang belum keluar kan? Kalau keukeuh mau ikut SP pas semester 8 buat nikin IPK boleh aja, tapi kalian lulusnya Maret. Saran juga nih kalau IPK-nya udah 3,3 atau 3,4 atau lebih dari itu gak usahlah ikut SP-Span, ngapain capek, kecuali kalau mau cumlaude ya monggo :D. ya terus kenapa saya ikut SP? Kan IPK saya Cuma 3,06 kalau ada nilai C lagi udah we dua koma -,-

Semua matkul bisa SP?

Bisa, asal peminatnya lebih dari 20 orang. Kalau kurang dari itu biasanya dihilangkan dari daftar matkul SP. Matkul yang tidak ada SP itu matkul Pilihan dan matkul Psikodiagnostika, saya sih ngebayangin kuliah Psikodiagnostika 6 sks per minggu udah puyeng duluan.

Kalau ikut SP nilai bisa bagus?

Pas awal pertemuan di SP kemarin dosen ngomong gini “Gak jamin ya yang ikut SP nilainya bisa lebih baik, itu sih tergantung usaha kalian”. Faktanya emang gitu sih, tahun pertama saya ikut SP saya tetep dapet E tuh pas matkul Statistika, terus juga Psikometri saya dapet C juga pas SP. Saya ismimei mahasiswa semester 7 yang sudah ikutan SP 3 tahun berturut-turut Cuma mau bilang aja ke kalian wahai junior-junnor, SP itu gak jamin nilai kita bakal lebih bagus kok, saya masih yakin dosen-dosen kita masih adil memberikan nilai. Jadi kalau kalian beranggapan “Pantes aja dia A, kan dia ikut SP” atau “Ah, tenang aja nanti kalau SP nilainya jadi bagus” itu tuh bulshit yang sangat nyata. SP sekali lagi bukan semester perbaikan. Kalau nilainya mau bagus, ya usaha.

Bagaimana SP di fakultas atau universitas lain?

Ini percakapan saya dengan mahasiswa dari fakultas sebelah heu..

Saya : Hei, kok ada disini?

Dia : Iya nih lagi SP, tapi besok juga udaha kok..

Saya : Wah, sama dong SP. Eh kok udahan lagi?

Dia : Iya kan Cuma 5 pertemuan.

Saya : enak banget, ih.

Dia : Iya, da di aku mah gimana dosennya ada juga yang SP Cuma UAS aja.

Saya : *Gak berkata aapa-apa*

Dia : Oiya terus udah puasa nanti kan bakal ada SP yang kedua, jadi yg belum SP sekarang bisa ikut SP bulan depan.

Saya : *Melongo*

Edan, itu mah bukan semester pendek namanya itu mah semester sangat super pendek. Bersyukur ya, kuliah di Psikologi dosennya gak sejahat itu, SP Cuma ngulang UAS aja itu sih remidial bukan SP. SP Cuma 5 pertemuan yaelah itu kuliah apaan -_-.

Saya jadi tahu rahasia mahasiswa fakultas lain. Jadi nih, di fakultas lain memang ada kebijakan sama seperti fakultas Psikologi. Mahasiswa tidak boleh ngontrak matkul yang belum diambil. Jadi caranya dalam satu semester mengontrak beberapa matkul terus dia Cuma nyantai-nyantai gak kuliah gak apa. Gak peduli nih mau C atau E sekalipun, nah nanti dia ngambil SP, matkul yang nilainya jelek tadi dikontrak lagi pas SP, nah jadi kalau semester normal dia harus kuliah 16 pertemuan, nah di SP dia Cuma kuliah 5 pertemuan bahkan dia bisa ngontrak matkul di SP dan Cuma ikut UAS aja, ini sih mahasiswa busuk haha.. Jangan ditiru!

Salah siapa? Salah yang menyelenggarakan SP dong, masa SP Cuma UAS doang, masa SP Cuma 5 pertemuan, masa dalam 3 bulan bisa SP 2 Sesi gitu. Ih, saya juga pengen SP macam gituan. Tapi enggak lah ya saya gak sebusuk itu 😀

Nah beda lagi, ini obrolah saya dengan teman yang kuliah di tempat kelahiran saya.

Dia : Mi, SP?

Saya : Iya.

Dia : aku juga SP nih..

Saya : Oiya, berapa kali pertemuan di kampus kamu?

Dia : Da di aku mah gimana dosennya.

Saya : Gimana dosen maksudnya?

Dia : Iya, jadi SP tuh ada yang kuliah, ada yang ngasih tugas doang, ada yang Cuma UAS doang. Atau ada juga yang kalau nilai kita gak keluar terus kita Cuma bayar, ntar nilainya keluar. Gitu.

Aku : *Speechless* (Dalam hati : Untung ya, dosen aku mah gak mata duitan kayak dosen kamu -.-)

Ini lebih parah ya, dari cerita di atas. Kalau di atas masih ada usahanya yang walau Cuma 5 pertemuan atau Cuma UAS doang tapi yang penting usaha lah ya. Lah ini, masa Cuma bayar doang terus nilai bisa keluar. Ih, saya juga pengen di Psikologi kayak gitu. Gak deng bercanda

Ngapain Mi ngurusin SP orang lain?

Enggak kok gak ngurusin, Cuma kesel aja. Soalnya anak Psikologi (Khususnya saya) reesuka dibully masalah IPK. Dengan usaha yang beda tapi nilainya suka lebih bagus mereka 😀

Garut, 7 Agustus 2014

Masih menanti liburan berakhir, lalala~

27 pemikiran pada “Tentang Semester Pendek

  1. contohnya aku sekarang udh mendaftar kuliah semester satu , tapi masalahnya nya kak aku belum bayar uang kuliah semester satu apa kah masih bisa melanjut kembali gk kak

    Suka

  2. Mau nanya dong teteh sesepuh, saya kan sama kuliah di UIN bandung bulan februari masuk semester 8, di salah satu jurusan fakultas FDK, nah waktu semester 7 kemarin saya ikut ngulang mata kuliah 0 sks bersama adik kelas, saya belum pernah absen dan setiap ada tugas saya selalu kerjakan di matkul 0 sks tersebut, nah masalahnya ketika UAS takehome matkul 0 sks tersebut sebetulnya tugas UASnya sudah saya selesaikan. Akan tetapi karena kesalahan kosma kelas yang nggak ngasih tau saya bahwa jadwal ngumpulin tugas UASnya di pajuin akhirnya saya gak bisa ngumpulin, saya sudah protes ke dosen matkul 0 sks tersebut kronologi saya telat mengumpulkan karena kesalahan kosma, namun si dosen kekeuh bilangnya tetep aja telat dan bilang ngulang aja tahun depan. Kan saya jujur sedih, masa iya saya harus ngulang taun depan dan bayar UKT lagi di semester 10 cuma ngulang matkul 0 sks. Dosennya kampret kan teh?? Yang ingin saya tanyakan kira-kira bisa gak kalo SP tapi matkulnya 0 sks?? Maaf ya curhatnya kepanjangan.

    Suka

    • Dear orang Ganteng, maafin aku ketawa baca curhatan kamu. Wkwk.
      Emang nyebelin ya, di FDK yang 0 SKS apaan? Di aku cuma Praktek Ibadah dan Praktek Tilawah doang. Kamu coba deh loby, dosen akademik kamu, biar dosen akdemik kamu yang bilang ke dosen yang bersangkutan. Sayang aja gitu cuma ngulang buat 0 Sks. Ya semisal kalau orang yang ngulang matkul 0 Sks itu banyakan kayaknya bisa aja diajuin ke Jurusan.

      Suka

  3. Mau nanya kak aku lagi galau nih aku kan udah Semester 5 bulan depan mau ujian kenaikan semester 6 lagi bingung mau lanjut mlanjutant kuliah atau gak 😞 soalnya aku dah 2 semester gak kuliah Semester 4 dan 5 karna kendala di biaya jd malas kuliah jd dipikirkan aku cuman mau kerja malu tp hak dapat kerjaan. semester 4nya full gak pernah masuk final pun gak ikut nah bulan depan ini mau final lg jd bingung ngurus mukanya gIman, pusing jadinya mau lanjut kuliah atau gak ?…….

    Suka

  4. Mau nanya kak aku lagi galau nih aku kan udah Semester 5 bulan depan mau ujian kenaikan semester 6 lagi bingung mau lanjut mlanjutant kuliah atau gak 😞 soalnya aku dah 2 semester gak kuliah Semester 4 dan 5 karna kendala di biaya jd malas kuliah jd dipikirkan aku cuman mau kerja malu tp hak dapat kerjaan. semester 4nya full gak pernah masuk final pun gak ikut nah bulan depan ini mau final lg jd bingung ngurus mukanya gIman, pusing jadinya mau lanjut kuliah atau gak ?

    Suka

  5. Mau nanya nihh… Saya pernah ikut SP beberapa kali dalam bbrpa smster. Kan biasanya nilai SP di bedain ya gan,,biasanya ada di kolom paling atas. Yang jd pertanyaanya. Nilai hasil SP udah masuk dalam nilai IPK atau emang nilai SP belum dimasukin ke dalam IPK? Soalnya gue rasa udah ikut SP tapi kok nilainya segini gini aja gitu kaya gada kenaikan.

    Suka

    • Kalau di Univ aku sih ya, SP itu ya bisa ngerivisi nilai sebelumnya, jadi ya jelas ngaruh ke IPK. Kalau gak naik2 mungkin perubahan nilainya gak signifikan misal dulu dapet C sekarang dapet B, kan itu gak signifikan.

      Suka

  6. kak mau nanya saya kan kemarin tidak masuk kuliah 1 bulan apa saya masih bisa ikut uas kak, kan 16 kali pertemuan tpi absen saya yg kosong sekitaran 6 absen kak trus itu gimana kak

    Suka

  7. kak mau nanya saya kan kemarin tidak masuk kuliah 1 bulan apa saya masih bisa ikut uas kak, kan 16 kali pertemuan tpi absen saya yg kosong sekitaran 6 absen kak trus itu gimana kak

    Suka

  8. kak mau nanya, kan saya beberapa bulan kmrn telah melakukan salah satu dosa terbesar dlm hidup saya yaitu cabut kuliah selama hampir 3 bulan, skrng minggu dpn udh uas, uts ngga ikut karena kecelakaan, gabisa remed, dan itu fix bgt kayanya harus ngulang atau sp, saya jurusan akun, mapel wajibnya tax sama accounting, semester 1, dan mapel tambahan 4 o_o , menurut kaka saya mending ngulang atau sp ya kak, tapi klo sp takutnya cuman bisa ngambil mapel wajib doang, terus kalau ngulang saya jga mikir” , selain kena cap mahasiswa ngulang, saya jga mulai meragukan pilihan saya memilih jurusan ini, apakah saya harus ganti jurusan yg cocok dgn saya, atau nekat berusaha optimis dgn kemampuan saya, salah satu alasan saya memilih jurusan ini karena saya mikir kedepanya nanti duitnya deres, itu pikiran cetek saya, dulu teman” saya bilang “pilih jurusan yg menurut lo cocok sama lo” dan spertinya saya mulai merasakan perkataan teman saya itu, dan saya mulai meragukan kemampuan saya sendiri, apakah saya mumpuni untuk memangku beban jurusan ini? , btw minta saranya ya kak plss bgt, trimss

    Suka

    • Halo kiki, btw waktu cabut kuliah itu semester berapa ya?

      Jangan malu jadi mahasiswa yg mengulang. Dulu saya sekelas sama kakak tingkat yg cuti kuliah 2 tahun karena kecelakaan.

      Dan harus dibedakan ya antara mengulang mata kuliah dan mengambil markup ke bawah. Mengulang itu, kita sudah pernah ngontrak matkul tapi karena saru dan lain hal kita diharuskan mengontrak kembali di semester berikutnya. Klo mengambil ke bawah ya berarti kita belum mengambil matkul itu, gak usah malu. Apalagi alasannya jelas karena kecelakaan bukan males :).

      Kalau kasus semester awal dan ngerasa gak cocok baik untuk dipertimbangkan pindah jurusan. Kalau sudah semester 4 atau 6 sayang sekali, lanjut saja ya 🙂

      Suka

  9. Mau tanya, kalau kuliah psikologi dan ikut sp gitu.. bisa lulus berapa tahun sih? Dan ‘biasanya’ jika ga ikut sp jurusan psikologi itu lulusnya berapa tahun? Makasih 🙂

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.