Hemiparesis

Dalam Neurologi kekuatan otot dibagi menjadi 6 kategori yang disimbolkan dengan angka dari 5 sampai 0. Dengan penjelasan masing-masing angka sebagai berikut:

5 : Normal. Tangan bisa digunakan dalam keadaan normal, menahan, melawan gravitasi, mengangkat, dan lain sebagainya

4 : Lemah, otot hanya bisa menghasilkan sedikit gerakan. Bisa melawan gravitasi, artinya tangan masih bisa bergerak bebas ke atas-bawah, bisa menahan tekanan hanya saja pada kondisi ini otot tangan seseorang tidak bisa nenahan tekanan yang kuat. Pada kondisi ini juga seseorang masih bisa mengangkat barang hanya saja tidak bisa mengangkat barang yang terlalu berat.

3 : Lemah, tidak bisa menahan tekanan. Pada kondisi ini seseorang bisa melawan gravitasi hanya saja tidak bisa menahan tekanan yang diberikan.

2 : Lemah, tidak bisa menahan juga melawan gravitasi. Pada kondisi ini seseorang hanya mampu menggerakan tangan atau kakinya bergeser ketika dia berbaring. Tidak bisa mengangkat tangan atau kaki ke atas.

1 : Sangat lemah. Pada kondisi ini tangan atau kaki hanya bisa sedikit melakukan pergeseran, dapat dikatakan pada kondisi ini seseorang hapir lumpuh.

0 : Lumpuh, pada kondisi ini tangan atau kaki seseorang sama sekali tidak bisa melakukan gerakan. Pada kondisi ini otot sama sekali tidak punya kekuatan (plegia).

Lemahnya otot tubuh pada manusia disebut dengan parese atau Paresis. Paresis ini dibagi menjadi 4 yaitu

1. Monoparesis : Lemah salah satu anggota gerak. Bisa tangan kanan saja, tangan kiri saja, kaki kanan saja atau hanya lemah kaki kiri saja.

2. Paraparesis : Lemah sepasang anggota gerak. Bisa kedua tangan lemah atau hanya kedua kaki saja yang lemah.

3. Tetraparesis : Lemah semua anggota gerak. Semua anggota gerak sepasang kaki dan juga sepasang tangan lemah.

4. Hemiparesis : Lemah satu sisi anggota gerak. Bisa tangan dan kaki kanan saja. Bisa tangan dan kaki kiri saja.

Tingkat lemahnya anggota gerak seseorang bisa dilihat secara kasat mata ataupun melalui cek secara medis.

Saya disini hanya akan membicarakan hemiparesis saja, karena memang tujuan saya menulis ini adalah menjelaskan apa itu hemiparesis. Seperti yang telah saya tulis di atas hemiparesis adalah lemah salah satu sisi tubuh baik itu sisi kiri maupun sisi kanan.

PENYEBAB HEMIPARESIS

Hemiparesis disebabkan oleh cerebral palsy (kerusakan otak). Cerebral palsy bisa terjadi akibat struk, kecelakaan ataupun disebabkan oleh kelahiran bayi prematur.

Hemiparesis terbagi dalam beberapa kategori, yaitu:

Hemiparesis kanan. Hemiparesis kanan terjadi jika kerusakan otak terdapat pada sisi kiri. Sisi kiri otak adalah bagian yang mengontrol perihal berbicara dan bahasa. Orang yang memiliki hemiparesis jenis ini mengalami kesulitan untuk berbicara dan memahami apa yang orang lain katakan.

Hemiparesis kiri; Hemiparesis kiri terjadi jika kerusakan otak terdapat di sebelah kanan. Sisi kanan otak adalah bagian yang mengontrol proses belajar, beberapa jenis perilaku juga komunikasi non verbal. Kerusakan otak pada sisi kiri menyebabkan seseorang berbicara secara berlebihan (cerewet), kurangnya perhatian juga memilki ingatan yang pendek.

Ataxia; Ataxia adalah hemiparesis yang disebabkan cedera otak belakang. Cedera ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengkoordinasikan gerakan, hal ini dapat menyebabkan kesulitan berjalan dan mengalami gangguan keseimbangan tubuh.

Hemiparesis murni; Hemiparesis ini adalah hemiparesis yang sering terjadi. Orang yang mengalami hemiparesis jenis ini mengalami kelemahan pada kaki, lengan juga otot wajah.

Hemiparesis bersifat menetap. Artinya tidak bisa disembuhkan secara total. Adapun upaya-upaya untuk membantu si penderita adalah dengan cara fisioterapi. Dengan demikian, si penderita dapat dilatih untuk memaksimalkan kemampuan otot anggota geraknya yang terkena hemiparesis.

Saya lahir premature (kata mamah). Dari kecil saya menggunakan tangan kiri, gak tahu kenapa. Yang saya rasakan kaki dan tangan saya lemah. Kelas satu Tsanawiyah (SMP) saya pernah dibawa ke salah satu dokter spesialis syaraf. Diperiksanya hanya sepuluh menit. Dokter tidak memberitahu apa-apa. Dokter itu hanya menyuruh saya pergi ke divisi fisioterapi yang ada di rumah sakit tersebut.

Dua bulan saya terapi disana, dua minggu sekali. Kegiatannya Cuma gitu, 30 menit pertama sisi kanan tubuh saya disorot pakai laser infrared. Setelah itu biasanya disuruh nulis pakai tangan kanan. Megang bola dari yang kecil sampai yang besar, berjalan di treadmill, dan lain sebagainya. Seharusnya latihan itu diterapkan secara kontinu agar saya bisa memaksimalkan kekuatan otot lengan dan kaki saya. Tapi, menurut saya hal ini sangat membosankan. Bagaimana tidak yang datang ke divisi ini hanya orang-orang yang terkena struk, mayoritas lanjut usia.

Disana saya pernah melihat ade kecil yang terkena struk, disana saya baru tahu kalau ternyata struk bisa menyerang siapa saja.

2012

Memasuki semester 2 kuliah saya belajar Neurologi. Ilmu tentang syaraf. Nah, ketika belajar inilah saya mulai mengenal kata hemiparesis. Dari sana saya mulai tahu penyebab kenapa kaki dan lengan saya lemah.

Saya mulai mendalami tentang hemiparesis dan akhirnya saya simpulkan kalau memang saya terkena hemiparesis disebabkan kerusakakan otak (cerebral palsy) yang saya alami karena saya terlahir premature.

Saya dan Kidal

Karena saya hemiparesis kanan maka saya melakukan segala aktifitas dengan tangan kiri. Kelemahan otot saya ada di nomor 4, mendekati normal memang sebenarnya, hanya saja kekuatan otot lengan dan kaki saya sama seperti kekuatan otot anak kecil yang berusia 3 tahun. Tidak bisa membawa barang yang berat-berat.

Saya kidal, mulai menulis, mengambil barang, mengetik dilakukan pakai tangan kiri. Sebenarnya waktu kecil saya terbiasa memberikan barang pada orang lain dengan tangan kiri. Hingga suatu saat pedagang waktu saya SD menegur saya karena memberikan uang pakai tangan kiri. Dari situ saya belajar untuk memberikan sesuatu dengan tangan kanan. Agak ‘kagok’ memang, tapi belajar kan proses dan saya menikmati itu.

Tanggapan orang-orang, agama dan jawaban saya.

Saya terbiasa dengan pertanyaan “eh kidal toh??” sejak saya TK bahkan sampai saya kuliah hari ini. Memang tidak sopan, bukan hanya di Indonesia saja tapi juga di seluruh dunia. Agama pun memang tidak memperbolehkan untuk melakukan sesuatu dengan tangan kiri.

Saya Islam, TK di sebuah yayasan Islam, SD di sekolah negeri dan Tsanawiyah – Aliyah di pesantren. Saya tahu sebelum orang lain memberitahu saya, kalau Rosulullah melarang keras umatnya untuk melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri. Di sini saya akan membuat pengecualian “tidak boleh dengan tangan kiri” jika kondisi seperti apa dulu. Dalam kondisi normal jelas sangat dilarang menggunakan tangan kiri.

Saya beraktifitas normal saja, saya kuliah, mencuci piring, mencuci pakaian, beres-beres kostan. Memang setiap orang yang melihat saya sekilas tidak akan menyadari kalau tangan kanan saya lemah, mereka akan menyadari kalau saya sudah berjabat tangan dengan mereka. Makanya saya sudah tidak aneh dengan tatapan orang-orang yang memandang saya sinis melakukan segala hal dengan tangan kiri, karena memang faktanya tangan kanan saya terlihat baik-baik saja.

Saya makan dengan tangan kanan, asal pakai sendok. Saya bisa memakai sumpit asal pakai tangan kiri. Saya bisa makan mie, asal ada sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Kelihatan ribet ya? Ah enggak, saya sudah beradaptasi di lingkungan seperti ini selama 19 tahun.

Saya dan Inferioritas

Saya satu-satunya yang kidal di antara belasan anak TK. Saya satu-satunya yang kidal di antara puluhan teman-teman saya di SD. Saya satu-satunya kidal di antara ratusan teman Tsanawiyah dan Aliyah. Dan saya satu-satunya kidal di antara ratusan mahasiswa angkatan 2011 di jurusan Psikologi. Saya satu-satunya kidal di antara puluhan orang keluarga besar nenek-kakek dari pihak ibu maupun ayah. So??? Bisa dibayangkan gak gimana jadi seseorang yang berbeda di antara ratusan orang?.

Diskusi lebih lanjut di sini -> Mari Berdiskusi tentang Hemiparesis

UPDATE 6 Desember 2015

Hai semua, terima kasih telah baca cerita mas lalu saya. Saya sedang mengerjakan skripsi minta do’a dari semua. Well, saya memang masih kidal dan saya tetap hemiparesis sampai saat ini, tapi insyaallah saya baik-baik saja. Sudah bisa memaafkan semua orang yang tidak paham keadaan saya. Tentang cemas? Ah, hanya sugesti diri saya pribadi. Saya bahagia, punya banyak teman, ehm calon sarjana dan… anxiety is fantasy🙂

Sumber :

Hand-out Mata kuliah Neurologi – Psikologi UIN Bandung

Tesis Elita Mardiani – Pascasarjana UNDIP, 2006

http://www.disabled-world.com/health/neurology/hemiparesis.php

http://www.psychologymania.com/2011/07/gangguan-kecemasan-anxiety-disorder.html

47 thoughts on “Hemiparesis

  1. anak sy 3,5th hemiplegia bagian kiri,Blum bs jln, dr umur 1thn sampai skrg masih fisioterapi ,terapi wicara,terapi okupasi,urut dimana mana,bhkn asupan vitamin herbal,makanan nutrisi nya Sgt saya jaga & selektif bhkn stimulus dirumah pun tdk pernah lupa hingga saya memutuskan resign untuk anak.alhamdulillah melalui proses perjuangan akhirnya anak saya menjadi anak yg cerdas ,ceria & artikulasi byk yg sdh jelas,pemahaman & daya ingat juga bagus,hingga skrg sy menunggu jalannya saja pdhl sudah merambat kemana mana dr agustus 2015,skrg mo lebaran Blum jalan juga,upaya apa yg kurang saya lakukan???…siapa tahu ada info yg bermanfaat silahkan hubgi saya ansi.tanjung@gmail.com

    Disukai oleh 1 orang

  2. anak saya cp hemiplegia otak kanan jd tgn kaki kirinya yg bermasalah,skrg 3,5thn belum jalan, seminggu senin ampe jumat terapi fisioterapi wicara Dan okupasi bhkn urut dmna dimana bhkn segala macam vitamin mahal kayak transfer factor,maxidoid,royal jelly liquid,bee propolis,namun masih Blum jalan.tolong kaka @ismimei berbagi keberhasilannya kepada saya. email saya ansi.tanjung@gmail.com

    Disukai oleh 1 orang

  3. anak sy perempuan skrg 3,5thn cerebal palsy dr lahir kr proses kelahiran yg lama,skrg Blum bs jalan tapi sudah bs merambat tinggal jalannya,seminggu full terapi fisioterapi,wicara Dan okupasi bhkn urut sudah kemana mana,bhkn segala macam vitamin transfer factor,maxidoid,royal jelly liquid,bee propolis hingga sampai skrg Blum jalan,saat umur 2thn saya memutuskan resign kr saat 2thn belum bs ngomong dan masih guling2 aja,bobath di Rs sejak umur 1thn-2thn nihil hasilnya lalu resign & hunting tempat terapi dan urut,bhkn selalu saya latihan & ajarkan apa aja sebisa saya.alhamdulillah skrg pintar dan cerewet pemahamannya g ada masalah apalagi daya ingatnya,anak saya hemiplegia otak kanan jd tgn dan kaki kirinya yg sulit seimbang.jujur saja kadang di waktu tertentu saya hopeless hrs apa lagi yg sy lakukan agar ank saya jalan,kr target saya agar dia bisa sekolah normal bukan SLB kr otaknya untuk seusianya bisa dibilang normal atau mungkin cerdas.

    Disukai oleh 1 orang

  4. cerita nya persis kayak cerita aku. emang aku hemiparises . dan kadang aku berfikir klo aku tuh cuma jd beban secara aku udh MAN tapi gak bisa iket rambut sendiri. dlu emng tangan aku bisa digerakin bahkan bisa angkat2 ember. tp sejak aku MAN tangan aku makin parah kak. sekarang tangan aku selalu dinelakang. aku cuma bisa berdoa agar Allah memberikan kesembuhan untuk tangan dan kaki kanan aku.

    Suka

  5. Kak, aku udah mau masuk 17 tahun. Dan aku hemiparesis, tangan kananku lemah. Tapi syukurlah otak dan kakiku nggak kenapa-napa. Aku juga kidal, semua aktivitas pake kidal. Aku down, frustasi, bahkan depresi sama keadaan yang berbeda dari kebanyakan orang. Aku takut orang-orang baru, aku takut suasana baru. Kata Mama, waktu aku lahir, tanganku ditarik paksa gara gara bahu kejepit dan akhirnya syarafku kusut. Aku dari kecil udah terapi, diurut, disentrum semua cara udah dicoba. Dari yang gak sakit sampai sakit banget. Dan tangan kananku memendek dan mengecil dari tangan kiri karena jarang digunain. Apa hemiparesis gak bisa disembuhin? Aku udah nggak kuat kayak gini terus:’)

    Suka

    • Salam kenal, Radina🙂
      Untuk kasus saya pribadi, gak bisa sembuh dan normal seperti tangan kanan, tpi terapi2 yang dulu saya lakukan cukup untuk melatih kekutan otot lengan saya. Untuk kasus Radina mungkin bisa dikonsultasikan dulu ke dokter spesialis Syaraf, karena saya juga tidak mengerti tentang penyebab pasti tangan kanan lemah.🙂

      Suka

  6. kak boleh tanya gk. aku baru2 ini ngalamin lemah di kaki kiri. abis olahraga tiba-tiba lemes trus kaya lumpuh. cuma kaki kiri doang. karna kuliah, jauh dari ortu makanan dan pola hidupnya jadi gk sehat. tapi pas di surabaya gk ngalamin kaya gini. baru pas pulang liburan semester genap baru kerasa. apa penyakitnya sama ky punya kakak? ato gk? kadang2 lumpuhnya dateng trus kadang2 juga ilang kalo udah dipijit sama ibuk.

    Suka

  7. Kak, kalo saya merasa kena ganguan Anxiety/panic attack/panic disorder *kurang paham. Saya ngerasa kalau ngelakuin sesuatu hal hati hati banget, dan takut jadi pusat perhatian. Pergaulan saya juga gak jauh beda sama Kakak *sepertinya

    Apa ada yg merasa seperti ini juga?

    Suka

  8. Saya suka mmbaca tulisan anda,saya juga mempunyai anak perempuan yang terkena hemiparesis yang lemah tangan dan kaki kananya karena dia terjatuh,dia sempat koma selama 3 minggu dan dirawat diRS diMenado kata dokter otak kirinya bengkak sehingga saraf kananya melemah.Tpi syukur sekarang dia sudah bisa berjalan walaupun cara jalanya tidak seperti anak lain dan tanganya sudah bisa digerakan tapi belum bisa menggenggam jadi otomatis tangan kirinya yang beraktifitas dalam segala hal, umurnya baru 2 tahun 9 bulan.Jadi susah banget dikasih tau kalau tangan kananya harus bisa menggenggam,mgkin karena umurnya masih balita yach jdi ssah bgt dikasih p’ngertian.Saya sbgy ibunya psti pya pikiran cemas gmn ntinya msa dpnya klw yg b’raktfitas tgn kiri sja.Saya sering sedih mlihat dia sperti itu.Tpi smga sja dia akan kembali normal s’prti sblmya.

    Suka

      • Senang dengan artikel yg mba tulis sangat bermanfaat dan memberikan motivasi. Anakku sekarang usia 2 tahun, seperti hal.yang sama dia mengalami hemiparesis kanan. Dari perkembangan nya anakku sangat aktif dng tangan kirinya, sedangkan tangan kanan nya terlihat lemah. Alhamdulillah dia sdh bs lancar berjalan, tetapi masih lemag di tangan saja. Mungkin di usia anakku yg perlu kesabaran memperkenalkan anggota tubuhnya msh butuh ekstra waktu dan sabar membimbingnya agar bs mengenal itu tangan kanan nya. Sampai skr jika aku meminta “mana tangan bagusnya” alhamdulillah anaku sdh mau mengangkat tangan nya walopun masih kaku untuk menfungsikan menjabat tangan ku atw orang2. Rasa nya aneh dan sedih jima melihat pandangan orang2 yg kadang penuh tanya “knp ya dng tangan kanannya” tapi aku dan suami bertahan dng kesabaran krn aku yakin ada waktunya anaku akan bs memfungsikan tangan kanan nya dng sendirinya walaupun tdk sama dng anak2 ygtdk mengalami hemiparesis. Mba ismimei klo boleh tau terapi apa aja yg sdh mba ikutin? Dan ada dan pernah dianjurkan dokter.untuk konsumsi mungkin sejenis vitamin untuk merangsang otak pasien selama terapi atw ga ada sama sekali. Terima kasih mba.

        Suka

      • Wah saya gak dikasih vitamin sama sekali, he
        Waktu Fisioterapi cuma disinar infrared, terus latihan motorik halu kayak suruh nulis, meremas bola, terus angkat beban dikit2. Kalau lebih jelasnya coba mbak datang ke dokter ahli syaraf, nanti minta rujukan ke divisi Fisioterapi di rumah sakit🙂

        Suka

  9. assalamualaikum…menarik sekali artikel nya..ini sangat tergugah sekali dengan kondisi anak saya 10 bulan,untuk memotifasi supaya tumbuh kembang normal seperti anak seusia lainnya.anak saya habis dirawat 7hari diRS,diagnosa awal dehidrasi demam..namun 2hari setelah reda tangan kanan dan kaki kanannya ga aktif..bergerak cuman ga aktif hal nya yg sebelah kiri..dan disertai kejang..setelah sama dokter dikasih karbamazepin kejang anak reda sampai disuruh pulang rawat jalan dengan kondisi fisik sehat.namun masih ada hambatan dengan tangan dan kaki kanannya yang belum aktif..dan sekarang dalam program fisioterapi..mungkin mba punya penelusuran yang lain tentang berapa lama kag fisioterapi dilakukan sampai bisa gerak kembali?dan kapan berhentinya anak saya mengkonsumsi karbamazepin..mohon sekali bantuannya dan sarannya atas kekhawatiran kami pada anak saya…terimakasih.

    Suka

    • Maaf, saya tidak bisa memberikan saran apapun. karena saya tidak tahu penyebab tangan dan kaki kanan bayi mbak tidak aktif bergerak. untuk masalah lamanya fisioterapi, bisa dikonsultasikan saja dengan terapisnya. Maaf saya tidak bisa bantu banyak🙂

      Suka

  10. dearest kakak yg baik hati…. sy lena karolina memiliki 2 anak, anak yg ke 2 sama persis dg kakak. kini dia berusia 6 thn, periang, pd, bahkan kosa kata utk seusianya luar biasa… setelah sy membaca tulisan kakak… sy sangat termotivasi agar anak sy dpt share ilmunya kelak sprt kakak…jika tdk keberatan, sy meminta alamat emailnya kakak dan jika berkenan utk sy meminta ilmunya yg luar biasa itu dg kirim ke email sy lenakarolina29@gmail.com atau 082117650197 terimakasihhhhhh salam sayang dr anak sy…

    Suka

  11. Iya mb.. Saya juga kidal.
    Tp kata dokter klo kidal kn kedua tangan masih bisa seimbang..
    Tp tangan kanan saya melemah bukan krna saya lahir prematur kata mb..
    Waktu TK saya pernah ke dokter dgn terapi fisioterapi tp hasil nihil..

    Suka

  12. salam kenal,

    nama saya ana, saya merupakan salah satu penderita general anxiety disorder dan agrophobia,
    yaaah, saya mendapatkan itu semua bukan hanya karena dari masalalu yang mungkin sedikit membuat saya trauma, tapi saya juga memiliki itu karena gen (ibu dan paman juga penderita anxiety dan memiliki riwayat depresi), dan saya tahu itu tidak dapat sembuh secara total
    awalnya saya sempat depresi ketika mengetahui saat saya berkonsultasi ke psikiater,
    saya takut untuk kembali ke psikiater, saya takut untuk terus menerus mengkonsumsi obat penenang yang membuat saya ketergantungan,

    tapi saya tidak pernah menyerah dengan itu semua, saya terus berusaha untuk tidak kalah dengan dengan anxiety, berat memang, susah, bahkan terkadang saya merasa lelah melawannya, tapi kalau saya menyerah, berarti saya kalah

    lebih dari setahun saya terus berjuang melawan anxiety, dengan banyak beribadah, selalu bersyukur, selalu berusaha untuk ikhlas, mencari dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, alahamdulillah sedikit demi sedikit saya sudah mulai terbiasa dan bersahabat dengan anxiety, yang tadinya saya merasa terganggu, sekarang sudah tidak terlalu merasa terganggu, hanya dengan phobia yang sampai saat ini saya belum bisa bersahabat dengannya ^_^

    buat teman-teman yang sama memiliki anxiety, jgn pernah menyerah, tetap semangat, lakukanlah hal-hal dan kegiatan yang positif dan bermanfaat, jaga selalu ibadah, patuhi dan sayangi orang tua, carilah teman yang dapat membawa kita untuk menjadi yang lebih baik, karena doa dari kedua orang tua merupak salah satu obat untuk kesembuhan kita ^_^

    semangat teman-teman, kita pasti bisa ^_^

    Suka

  13. Pengalamam mbak sama, tapi saya sepertinya bkn hipemerasis (mungkin). Kalau dari penjelasan mbak kekuatan otot saya 4, kemudian lemahny otot pada tubuh saya monoparesis yaitu pada tangan kanan saja.
    Kata mamah saya waktu lahir bobot saya 4,6 kg proses kelahiran normal. Lalu waktu liat tangan kanan saya sdh membiru seperti mayat. Katany sih salah penyambutan persalinan, jadi ada saraf terkilir atau mungkin ada tulang yg patah kemudian menyambung menjepit saraf. Tapi nggak perhah d periksa terlalu detil sama dokter sampe skrg, cuma d suruh fisioterapi sama jgn d urut. Waktu kecil saya jg ngalami fisioterapi yg dipanasi, trus disentrum jg. Ada jg latihan bawa pasir dlm ember trus angkat2 beban. Tapi hanya bberapa thun saja
    Skrg saya sdh memasuki usia kepala 2, dari tk, sd, smp, sma, sampai kuliah skrg sama seperti kisah ny mbak, sering jadi perhatian karena kidal. Akhir ny skrg pun jadi introvert, byk phobia jg, cemas ktemu org baru atau k tempat baru. Takut banget klu d suruh ngomong d dpn public.
    Tangan kanan saya jg dari kecil udh mati rasa. Waktu kecil pernah gigit sampe bolong nggak nangis sampe ada bksny skrg hehe . Trus klu skrg mw d cubit, d suntik atau d gigit nyamuk ja nggak terasa.
    Klu yg mbak mati rasa jg nggak?
    Skrg kondisi tgn mbak gimana? Kelihatan normal? Sama besar kah dgn tangan kiri?
    Kalau tangan saya sama besar cuma d bagian bahu kanan lbh pendek dari bahu kiri.
    Lalu pergelangan tgn sedikit bengkok. Tapi klu sekilas org liat tampak normal ja.
    Salam kenal y mbak, salam left gand🙂

    Suka

    • Salaam kenl mbak🙂
      Saya baru tahu selain masalah syaraf ada juga yang tangannya lemah gara-gara patah tulang pas proses kelahiran. Tangan saya normal mbak, gak mati rasa meskipun digigit nyamuk masih kerasa gatalnya he..
      Iya mbak pas fisioterapi saya juga pernah tuh disuruh angkat-angkat beban, tapi ya gak ngaruh😀.
      Tangan saya pendek sebelah paling beda 2 Cm tapi kalau orang lihat emang terlihat normal🙂

      Suka

  14. sy jg prematur dan kidal. n sy jg suka menyendiri bahkan suka merasa diasingkan n dibedakan oleh org2 terdekat. sy gamang sakit,capek sedikit pasti lgsg deh ngedrop. nah akhir thn kmrn sampe mlm ni tangan kanan sy sering lemas kyk g ad tulang . g bs megang sesuatu rasanya lemas n g enak. kira2 ap sy jg terkena hemiparesis? n ap sy hrs ke dokter saraf?

    Suka

  15. Aku suka banget tulisan ini kak:)
    Aku juga dulu kidal, tapi dipaksa belajar pakai tangan kanan. Alhasil, sekarang aku kalau makan dan menulis pakai tangan kanan, sisanya kayak memotong, gerak reflek, menyapu pakai tangan kiri hehe
    Aku lagi bikin novel tentang anxiety disorder, sekiranya kakak mau bercerita lebih detail tentang anxiety disorder yang kakak alami, bisa kirim email ke aku.
    Makasih banyak kak:)

    Suka

  16. Qta menderita yg sama…buat perasaan cemas dll…sya skrg kuliah d jurusan medis,,,,dan sampai skrg tdk bs mnghlangkan rasa cemas n phobia itu….sedih melihat diri saya sndiri

    Suka

  17. Senang membaca tulisan ini…saya berharap anak saya jg ketika besar akan bisa sekuat mba..anak saya jg hemiparesis kanan,ketika bayi mengalami kejang sehingga otak kirinya kurang oksigen dan mengalami kerusakan (cerebral palsy)..sekarang umurnya 6th insya Allah th ini akan masuk sd,lg bingung jg siy nyari sklh inklusi dkarawang..anak saya jg ngga pernah lepas dari terapi tangan kanannya tapi ya itu membosankan kelihatannya sampai saya bertemu org yg bisa memijat khusus yg habis terkena stroke..saat saya membaca tulisan mba sama persis seperti yg d alami anak saya..dia jg kidal dan ada gangguan emotional jg..alhamdulillah saya ketika kuliah dipsikologi jadi terbantu sekali dalam merawat razan dari kecil sampai may masuk sd sekarang…salam kenal ya mba ternyata saya tidak sendiri;)

    Suka

  18. Saya tertarik dengan artikel ini. Sebelumnya, kenalin aku Arief. Kidal seperti kamu. 17 th. Awal aku mulai aktif gunakan tangan kidal sewaktu kecil juga berat karena dalam keluarga ortuku hanya aku yang sering kidal. Meski begitu, orang tuaku lama-lama maklum dengan kondisiku yang kita pasti tau lha kalau penggunaan kidal itu gak sesuai dgn budaya Timur. Singkat kata, kini aku menulis dengan tangan kanan dan menggambar dengan tangan kidal. Untuk aktivitas makan dan giving gunakan kanan. Sisanya, cenderung kidal. Aku gagap sih engga, tapi banyak diam buat merenung. Hanya aja, aku aktif berorganisasi. Di SMA, aku ketua MPK sekolah dan sibuk bicara di dpn publik. Intinya, kidal bukan halangan kita bro tuk menjadi brilian dan emas bagi kedua ortu kita. Salam Left Handed ^^

    Suka

  19. iya mbak makasih ya, anak saya sudah 1,5 thn doain ya semoga terapinya lancar dan walaupun nanti gak bisa normal banget tapi semoga bisa pinter seperti mbak

    Suka

    • Mba tata gmn kondisi anaknya skr, masih ikut terapi? Terapi apa aja? Bisa berbagi informasi mba, krn anak saya jg mengalami hal yg sama, mungkin saya dan suami bs melakukam terapi yang sama. Terima kasih.

      Suka

  20. mbak saya sudah tenang sekarang karena saya sudah menemukan orang yg bisa membantu anak saya dia sorang sinshe yg cara pengobatannya dengan terapi totok tanpa obat, jamu dll sekarang sudah 4 bulan anak saya terapi dan alhamdulillah perkembangan anak saya luar biasa sekarang sudah hampir bisa berjalan sendiri dan tangannya sudah kuat hanya msih belum bisa mengarahkan dengan tepat apa yg mau di ambilnya

    Suka

    • Alhamdulillah mbak. Iya, dulu waktu kecil kata mamah saya, saya juga di terapi. Dulu tangan kanan saya lemah banget, sekarang walaupun gak sekuat tangan kiri tapi bisa melakukan aktifitas ringan🙂. Jadi anaknya berapa bulan mbak sekarang? Moga terapinya berjalan lancar ya mbak. Salam buat adeknya🙂

      Suka

    • Dimana ada pengobatan terapi totok,,anak sya jga mengalami hemiparesis,skrg usianya 2,7thn dan blum bsa jalan,sungguh sdih hati q ,mlht tman2ny sdh pntar jalan,sdngkan brobt kmi sdh kmana2..tlng d bls y

      Suka

  21. Ping-balik: Keinginan Kecil Gadis Penderita Cerebral Palsy | inspirasi.me

  22. saya seorang ibu rumah tangga yang mempunyai anak lahir prematur dan sekarang baru berusia 1 thn, sepertinya anak saya mengalami yg di sebut hemiparesis itu karena hanya tangan kiri dan kaki kiri yg sangat aktif walau kaki tangan kananya jg aktif, tp setiap saya coba untuk memegang sesuatu di tangan kanannya selalu tidak bisa seperti tidak kuat memegang tetapi kalau menggenggam sangat kuat sekali. mungkin anda punya saran dan nasehat untuk saya supaya anak saya tidak mengalami hal seperti anda. maaf ya saya sebenarnya sangat cemas sejak berbulan2 yg lalu, sebab sampai saat ini anak saya blm bisa duduk sendiri atau berdiri sendiri

    Suka

    • Mbak Tata, maaf saya tidak bisa memberikan nasehat apapun karena memang saya bukan ahlinya🙂. Saran saya, mbak jangan buru-buru mengambil kesimpulan hemiparesis, apalagi anak mbak baru setahun. Ada baiknya anak mbak diperiksakan dulu ke dokter ahli syaraf, nanti jika memang dokter ahli syaraf menyatakan anak mbak terkena cerebral palsy (kerusakan otak) sehingga menyebabkan hemiparesis, dokter biasanya akan menyarankan agar anak mbak mengikuti fisioterapi.

      Saya berharap, anak mbak tidak mengalami hemiparesis. Mungkin itu, hanya kecenderungan penggunaan tangan aktif sebelah saja.🙂.

      Suka

  23. Yang sabar y teman. Menurut saya kidal itu keren. Untuk masalah bersosialisasi saya juga sama. Saya kesulitan mendapatkan teman. Saya juga punya kekurangan, seperti cepat lelah, sering sakit atau lebih tepatnya mudah diserang penyakit, juga takut darah ataupun melihat orang sakit, minder, lebih suka menyendiri dan ^_^ hehe bisa-bisa komentar saya menyaingi postingan kamu lagi. Jika diungkapin semua gak ada habisnya.

    Saran saya, jangan pedulikan orang lain, berpikir positif (kamu suka berimajinasi, kalo saya suka. Kadang jika orang berbisik-bisik ataupun menatap saya dengan aneh, saya sering menggunakan imajinasi saya untuk meresponnya. Misalnya berimajinasi seakan akan saya bisa membuat seseorang mati seketika hanya dengan menatapnya saja dan dapat menghilang seperti asap, saya bisa bayangkan ekspresi mereka. Terdiam, tidak percaya dan takut. Imajinasi itu tidak ada yang melarang. Imajinasi dapat buat kita tersenyum lo…), satu lagi saran saya fokuslah pada tujuanmu. Tujuan saya ingin keliling dunia mengunjungi tempat tempat indah di dunia ini atau memiliki militer terkuat, ^_^ haha yang ini seperti nya agak aneh.

    #Salam, makasih udah kunjungi blog sederhana saya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s